MENGGUNAKAN PLUGIN DI QGIS

Plugin di QGIS menambahkan fitur yang berguna ke perangkat lunak. Plugin ditulis oleh pengembang QGIS dan pengguna independen lainnya yang ingin memperluas fungsionalitas inti perangkat lunak. Plugin ini tersedia di QGIS untuk semua pengguna.

 

Overview of the task

Dalam tutorial ini, Anda akan belajar cara mengaktifkan Core Plugins sekaligus mendownload dan menginstal Plugin Eksternal. Anda juga akan belajar bagaimana menemukan plugin dari menu QGIS setelah diinstal.

Procedure

Core Plugins

Plugin inti sudah menjadi bagian dari instalasi standar QGIS. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengaktifkannya.

  1. Open QGIS. Click on Plugins ‣ Manage and Install Plugins…. to open the Plugin Manager dialog.

../_images/1135.png

  1. Bahkan jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan QGIS, Anda akan melihat banyak plugin yang tercantum di bawah tab Installed. Ini karena mereka adalah Core Plugins dan dipasang saat instalasi QGIS

../_images/288.png

  1. Mari mengaktifkan salah satu plugin. Centang kotak di sebelah Spatial Query Plugin. Ini akan mengaktifkan plugin dan Anda akan bisa menggunakannya. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa plugin memiliki kemampuan untuk memasukkan item menu di berbagai lokasi dan membuat panel dan bilah alat baru. Terkadang sulit untuk mengetahui bagaimana menemukan alat yang baru diaktifkan. Setelah petunjuknya adalah melihat di discription plugin. Disini uraiannya mengatakan Kategori: Vektor. Itu menunjukkan bahwa plugin akan ditemukan di bawah menu Vector setelah diaktifkan. Klik Tutup.

../_images/345.png

  1. Sekarang Plugin Permintaan Spasial diaktifkan, Anda bisa pergi ke Vector ‣ Spatial Query untuk menggunakan fungsionalitas yang ditambahkan oleh plugin

../_images/432.png

External Plugins

Plugin eksternal tersedia di QGIS Plugins Repository dan perlu dipasang oleh pengguna sebelum menggunakannya. Cara mudah untuk menjelajah dan memasang plugin ini adalah dengan menggunakan alat Plugin Manager.

  1. Open QGIS. Click on Plugins ‣ Manage and Install Plugins…. to open the Plugin Manager dialog.

../_images/533.png

  1. Click on Get more tab. Here you will see a list of plugins listed.

../_images/631.png

  1. Untuk tutorial ini, mari temukan dan pasang plugin yang disebut ‘QuickQKT’. Saat Anda mulai mengetik qui di kotak telusur, Anda akan melihat hasil pencarian di bawah ini. Klik pada QuickWKT. Selanjutnya, klik tombol Install plugin untuk menginstalnya.

../_images/730.png

  1. Setelah plugin diunduh dan diinstal, Anda akan melihat dialog konfirmasi.

../_images/829.png

  1. Jika diperhatikan, tidak disebutkan kategori plugin dalam deskripsi. Itu membuat sulit untuk menentukan bagaimana mengakses plugin yang baru diinstal. Kebanyakan plugin eksternal dipasang di bawah menu Plugin itu sendiri di QGIS. Klik pada Plugin ‣ QuickWKT dan Anda akan melihat plugin yang baru diinstal. Biasanya, plugin eksternal juga memasang tombol di toolbar Plugins juga. Anda juga bisa menggunakan tombol itu untuk mengakses plugin.

../_images/927.png

Experimental Plugins

Sekarang Anda tahu cara menginstal dan menemukan Plugin Eksternal di QGIS. Mari jelajahi beberapa opsi lanjutan. Terkadang Anda mencari plugin tertentu, namun tidak dapat menemukannya di tab Get more. Mungkin karena plugin itu bertanda Eksperimental. Berikut adalah cara menginstal plugin eksperimental.

  1. Open Plugin Manager by Plugins ‣ Manage and Install Plugins…. Click on the Settings tab. You will see an option called Show also experimental plugins. Click the checkbox next to it, to enable it.

../_images/1028.png

  1. Anda akan melihat tab baru bernama New. Plugin eksperimental yang baru diaktifkan akan muncul di sini.

Note

Tab Baru hanya akan muncul sementara Anda mengaktifkan plugin eksperimental. Saat Anda membuka Pengelola Plugin berikutnya, plugin eksperimental akan menampilkan plugin reguler di tab Get more.

../_images/1136.png

  1. Let’s install a plugin called TimeManager. Click on the plugin name and then Click Install.

../_images/1229.png

  1. Sekarang ketika Anda kembali ke jendela QGIS utama, Anda akan melihat Panel baru di bagian bawah kanvas. Panel ini dibuat oleh plugin TimeManager. Ini adalah cara plugin lain untuk menambahkan fungsionalitas yang berguna ke antarmuka pengguna

../_images/1326.png

  1. Anda dapat mengaktifkan / menonaktifkan panel ini dari View ‣ Panels ‣ Time Manager

../_images/1425.png

SEMOGA MANFAAT

 321 total views,  2 views today

Leave a Reply