Implementasi BSC & KPI di PDAM (Step 3) PERENCANAAN KPI

 

sebelumnya kita sudah bahas tentang Peta Strategi dan CSF (Critical Success Factor)  selanjutnya langkah ke 7  :

Langkah 7 :  PENENTUAN KPI DAN TARGET

Setiap Strategi Objective minimal memiliki satu ukuran keberhasilan yang disebut dengan Key Performence Indicator (KPI)  atau Indikator Kinerja Kunci.

Dalam pemilihan KPI hal-hal yang menjadi perhatian antara lain :

  1. Indikator Leading  adalah ukuran pemicu kinerja dan indikator lagging adalah ukuran hasil kinerja.  Misalnya untuk  Lag Indikator adalah volume produksi, efesiensi biaya, DRD air terjual.  Sedangakan Lead Indikator adalah “20 % Meter air yang diganti/tahun”,  angka penggantian sudah ditentukan sebesar 20% dari jumlah pelanggan, apabila tidak dilaksanakan dapat diperkirakan akurasi meter air pelanggan akan mengalami masalah.
  2. Jumlah KPI sebaiknya tidak teralalu banyak dan diupayakan focus pada sasaran strategis perbaikan kinerja perusahaan, dapat dilihat dari hasil Audit Kinerja corporate. Dari beberapa komponen perspektif keuangan, pelanggan, bisnis internal dan pertumbuhan & pembelajaran diambil yang nilainya masih perlu ditingkatkan agar Nilai Kinerja perusahaan meningkat.

Berikut  Contoh KPI PDAM Bintang  :

Untuk penentuan target  harus mudah diukur dan dapat dicapai (achievable).  Sementar target dapat didefiniskan  sebagai sebuah ukuran yang akan dicapai dalam waktu periode satu tahun dan tercantum didalam kontrak kerja.

Berikut beberapa Model dalam menentukan target :

  1.  Base line adalah target yang sama dengan tahun lalu yang dijadikan dasar.
  2. Tradisonal  adalah target  tahun lalu ditambah 6% – 10 %. Angka 6%-10% diambil dari tingkat inflasi tahun lalu yang diperkirakan dengan demikian perusahaan akan mampu bertahan tahun berikutnya.
  3. Strech adalah target  yang sangat elastis, dimana target ini besarnya 50% dari target Base line.
  4. Best  adalah target maksimum atau batas atas dari target yang ingin dicapai.

Dalam hal penentuan model target diatas,  dapat diambil disesuaikan dengan kondisi tahun target ditentukan, artinya model target bisa fleksibel dari ke empat jenis tersebut. Dalam penentuan model dapat dilakukan metting bersama antara Direksi dengan Jajaran Manajerial lainnya.

Berikut Contoh Penentuan Target KPI dengan ke empat model target tersebut :

 

Langkah 8 :  PENENTUAN INISIATIF  STRATEGIS

Inisiatif strategis adalah sebuah inisiatif yang berdampak besar terhadap pencapaian target KPI tertentu.   Kebiasaaanya inisiatif strategi dibuat pada KPI yang memerlukan perbaikan proses bisnis  agar KPI yang direncanakan dapat dicapai dengan efektif dan efesien.  Inisiatif startegis dapat berupa perubahan metode kerja, POS, IK, atau sistem informasi.

Dalam proses penentuan target merupakan hasil dari metting jajaran direksi dan manajerial untuk menentukan dari target ke empat model di atas, mana yang akan diambil”

Contoh penjabaran inisiatif strategis untuk PDAM Bintang “contoh kasus” :

 

Langkah 9 :  PENENTUAN BSC/KPI KORPORAT

BSC tingkat menjadi tanggungjawab direksi di PDAM yang biasanya harus mendapatkan persetujuan dari Dewan Pengawas dan Disetujui oleh Walikota/Bupati sebagai pemilik perusahaan.

BSC korporat diambil dari tabel contoh pembahasan inisiatif strategis yang sudah didapatkan targetnya. Selanjutnya melakukan pembobotan masing-masing perspektif yang nilai nya 100% secara keseluruhannya.

Sebagai bahan acuan pembobotan kita dapat ambil dari petunjuk teknis evaluasi kinerja PDAM  yaitu:

  • aspek keuangan dengan bobot 25%,
  • aspek pelayanan dengan bobot 25%,
  • aspek operasional dengan bobot 35%, dan
  • aspek sumber daya manusia dengan bobot 15%).

Berikut contoh BSC Korporat “PDAM BINTANG”

BSC tersebut biasanya ditandatangan oleh :

  1.  Direksi
  2.  Ketua Dewan Pengawas
  3.  Walikota/Bupati

Catatan ” contoh PIC diatas  dapat disesuaikan dengan Struktur Organisasi masing-masing PDAM yang tertuang didalam Job Discription masing-masing bidang”

DEMIKIAN UNTUK STEP 3 “NANTIKAN STEP 4″ akan membahas tentang Cascading ke masing-masing Bagian sampai ke Staf dan Evaluasi penilaian Kinerja Individu”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5 Replies to “Implementasi BSC & KPI di PDAM (Step 3) PERENCANAAN KPI

  1. Luar Biasa, Pak Supian Ngasih Materi Dari Step 1 Sampai 3, komplit. Jazakallohu khoiron, semoga kau berjaya dan selamat didunia wal akhiroh Pak!

Leave a Reply